Suzuki Thunder 250 menggunakan mesin SOHC 4-valve, berkapasitas 249cc dengan diameter dan langkah piston 72 x 61,2mm. Meskipun menggunakan silinder tunggal dan pendinginan mesin menggunakan sirip, Suzuki Thunder 250 telah menggunakan teknologi TSCC sehingga tenaga motor menjadi besar mencapai 20dk / 7.500rpm. Suzuki Thunder juga dilengkapi dengan pembocor kompresi manual untuk meringankan sewaktu melakukan kick stater.
Suzuki Thunder 250 pertama kali masuk dari Jepang ke Indonesia secara CBU pada tahun 1999, dengan perbedaan harga sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan pesaingnya utamanya Honda Tiger 2000 yang sama - sama beraliran sport touring. Setelah beberapa tahun kemudian tepatnya tahun 2003, Suzuki Thunder dirakit di Indonesia dan beberapa komponen informasinya dibuat di Indonesia, contohnya tangki bahan bakar dan bodi samping.
Sebenarnya banyak sekali kelebihan dari Suzuki Thunder 250, misalnya shockbreaker depan berukuran besar, roda belakang dari Suzuki Thunder 250 juga bisa diganti dengan pelek tapak lebar 4 inchi tanpa merubah swing arm sehingga motor terlihat lebih gagah. Posisi berkendara sangat nyaman, sebagai ciri khas motosport touring
Sebenarnya banyak sekali kelebihan dari Suzuki Thunder 250, misalnya shockbreaker depan berukuran besar, roda belakang dari Suzuki Thunder 250 juga bisa diganti dengan pelek tapak lebar 4 inchi tanpa merubah swing arm sehingga motor terlihat lebih gagah. Posisi berkendara sangat nyaman, sebagai ciri khas motosport touring