Selasa, 26 Juni 2018

Perbandingan Suzuki NEX II, Honda Beat dan Yamaha Mio M3

Zona Motor - Kali ini zator akan mengupas tentang 3 produk skuter matic low  yang sedang ditawarkan oleh ketiga pabrikan motor di Indonesia. Ketiganya mempunyai dimensi bodi yang tidak terlalu jauh berbeda. Dan harganya pun bisa dianggap setara dan menyesuaikan dengan kapasitas mesin yang diusungnya. Sebenarnya motor kelas skuter matic low sudah pernah zator bahas beberapa waktu yang lalu, karena pihak Suzuki meluncurkan motor skuter matic low terbarunya, yaitu Suzuki Nex II (gen 2), maka zator rasa perlu diulas kembali karena dimensi dan fitur yang diusung oleh Suzuki Nex II juga berbeda jauh dengan Suzuki Nex generasi pertama.


Dari segi mesin, kapasitas mesin Suzuki Nex II  (113cc) berada di tengah diantara kedua pesaingnya. Pesaingnya tersebut mempunyai kapasitas mesin 108cc untuk Honda Beat dan 125cc untuk Yamaha Mio M3. Seiring dengan kapasitas mesin juga akan mempengaruhi tenaga mesin. Untuk Suzuki NEX II mampu memuntahkan daya sebesar 6,7kw/8.000rpm, mengalahkan tenaga Honda Beat yang cuma mampu mengeluarkan tenaga 6,38kw/7.500rpm. Tetapi tenaga Suzuki Nex II masih kalah tenaganya dengan Yamaha Mio M3 yang mencapai 7kw/8.000rpm.


Untuk kapasitas tangki bahan bakar, Suzuki Nex II mempunyai volume yang paling imut diantara kedua pesaingnya. Kapasitas tangki bahan bakar Suzuki Nex II cuma 3,8 liter saja. Tetapi jika diukur dengan jarak tempuh perliternya, berarti Suzuki Nex II dalam satu tangki penuh dapat menempuh jarak 182Km. Cukup lumayan jauh meskipun motor dipakai untuk berkendara jarak jauh atau touring. Karena idealnya motor diperlukan pendinginan sesaat setiap 100km pada saat digunakan untuk perjalanan jauh.


Keunggulan lainnya dari Suzuki Nex II adalah motor ini mempunyai pilihan warna yang banyak dan fitur aksesoris yang lengkap dari berbagai tipe, mulai dari Suzuki Nex II standart, Elegant, Elegant Premium, Fancy Dynamic, maupun Sporty Runner. Sehingga konsumen diberikan banyak sekali pilihan yang sesuai dengan selera masing - masing konsumen.


Sedangkan untuk masalah harga, Suzuki Nex II lebih bersahabat di kantong para konsumen.Ini karena selisih harga Suzuki Nex II cukup terpaut jauh dengan kedua pesaingnya yang bermain di harga jual 15 sampai 16 jutaan. Sedangkan Suzuki Nex II oleh PT.SIS dijual dengan harga masih dikisaran 13 jutaan. Tentunya dengan kwalitas motor Suzuki yang banyak diakui karena kekuatan dan kebandelan mesinnya, harga tersebut merupakan harga yang sangatlah menggiurkan. Karena harga Suzuki Nex II full aksesoris dan fitur lengkap, harganya masih dibawah harga motor skuter matic standar milik Honda dan Yamaha.