Motor Honda terkenal irit karena pada tahun sebelum 1996 Suzuki dan Yamaha masih asyik menjual motor 2-tak yang terkenal lebih bertenaga dan lebih responsif dari mesin 4-tak. Sehingga Honda seakan - akan tidak ada saingan dalam memasarkan motor 4-tak yang konsumsi bahan bakarnya lebih irit jika dibandingkan motor 2-tak. Sehingga terbentuklah opini di masyarakat Indonesia bahwa motor Honda irit bahan bakar.
Tetapi setelah tahun 1996, Suzuki dan Yamaha sama - sama mengeluarkan motor bebek 4-tak (Suzuki Shogun 110 dan Yamaha Crypton) yang kapasitas mesinnya lebih besar jika dibandingkan motor Honda berjenis cup yang masih berkapasitas mesin 100cc. Nah, disaat itulah pabrikan Suzuki dan Yamaha membuktikan bahwa mereka juga bisa memasarkan motor dengan konsumsi bahan bakar seirit motor Honda, tetapi tenaga motor lebih besar.
Tetapi beberapa tahun kemudian, disaat motor - motor berjenis bebek mulai meningkatkan kapasitas mesinnya dengan yang lebih besar. Honda kembali menggebrak dengan Honda Supra X 125 FI yang mengaplikasi sistem injeksi bahan bakar PGM-FI pada mesinnya, setelah itu disusul kemudian dengan kehadiran Suzuki Shogun 125 FI yang mengusung teknologi injeksi bahan bakar DCP-FI. Tetapi pihak Suzuki tidak melanjutkan penjualan Suzuki Shogun 125 FI karena banyak konsumen yang berpendapat bahwa motor injeksi kalah agresif jika dibandingkan dengan motor bersistem karburator.
Dari situlah kembali terbentuk mainset di masyarakat bahwa motor Honda irit bahan bakar karena telah menggunakan sistem injeksi bahan bakar pada motor yang diproduksinya. Tetapi di era motor injeksi saat ini kembali main set dimasyarakat bahwa motor irit itu Honda ditepis oleh Yamaha dan Suzuki dengan memunculkan motor - motor injeksi berteknologi Blue core pada Yamaha dan LEaP pada motor Suzuki.
Silahkan bandingkan sendiri mana yang lebih irit, bukan klaim sepihak dari pabrikan..!!
Dari situlah kembali terbentuk mainset di masyarakat bahwa motor Honda irit bahan bakar karena telah menggunakan sistem injeksi bahan bakar pada motor yang diproduksinya. Tetapi di era motor injeksi saat ini kembali main set dimasyarakat bahwa motor irit itu Honda ditepis oleh Yamaha dan Suzuki dengan memunculkan motor - motor injeksi berteknologi Blue core pada Yamaha dan LEaP pada motor Suzuki.
Silahkan bandingkan sendiri mana yang lebih irit, bukan klaim sepihak dari pabrikan..!!